Resep Sapi Bulgogi – Pecinta Masakan Khas Korea Wajib Tahu

Resep Sapi Bulgogi – Pecinta Masakan Khas Korea Wajib Tahu

Jika Anda suka masakan-masakan Asia, Anda pasti sudah mencicipi berbagai macam masakan Asia. Namun, belum lengkap jika Anda belum mencoba bulgogi yang terbuat dari daging sapi panggang. Kelezatannya membuat hidangan ini sangat digemari, termasuk masyarakat Indonesia. Jadi, sangat menarik untuk membahas mengenai resep sapi bulgogi yang super lezat ini.

Jenis-jenis Resep Sapi Bulgogi

Berbicara tentang bulgogi, hidangan khas Korea memeiliki beberapa jenis. Salah satunya adalah Gwangyang Bulgogi Junseone. Untuk menjaga daging tetap segar, daging sapinya tidak dimarinasi melainkan dilapisi saus yang khas. Untuk menikmatinya, cara paling populer adalah meletakan sepotong daging di atas daun perilla atau selada, dengan menambahkan jamur panggang. Setelah itu, bungkus dan nikmati setiap gigitannya!

Selain itu, ada juga Choi Young-hee Eonyang Bulgogi, di mana irisan daging sapi diasinkan dan dipotong, lalu ditumbuk & dibentuk hingga menjadi roti yang tebal. Setelah dimasak, daging sapinya akan terasa renyah & berkaramel baik di permukaan maupun tepi. Aromanya yang berasap serta dihidangkan dalam keadaan hangat membuat dagingnya yang juicy benar-benar membuat ketagihan. Raasanya ringan dan beraroma smoky & nutty. Anda bisa mencelupkannya ke saus salad bawang hijau atau dengan bermacam-macam banchan.

Yaetmat Seoul Bulgogi adalah jenis resep sapi bulgogi yang ketiga. Selain terkenal dengan kaldunya yang sedap, hidangan ini juga dicampur sayuran sehingga tidak sangat bersih dan sehat. Hidangan khas Korea yang satu ini cocok untuk dimakan Bersama anak-anak, teman-teman, maupun keluarga.

Resep Sapi Bulgogi Khas Korea

Untuk membuat hidangan bulgogi, siapkan dulu bahan-bahannya:

  • 500 gr daging sapi
  • 50 gr bawang Bombay
  • 30 gr wortel
  • 10 gr daun bawang
  • 50 gr bumbu Maggi
  • 30 gr pir manis
  • 30 gr gula
  • 30 gr bawang putih
  • 20 gr minyak wijen
  • 150 gr beras
  • 1 gr biji wijen

Kemudian, ikuti Langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Dari seluruh bahan marinasi yang sudah disiapkan, campurkan hingga merata.
  2. Setelah itu, ambil bawang Bombay & daun bawang, kemudian iris-iris.
  3. Lalu, campurkan irisan keduanya dengan bumbu marinasi, sebelum memasukkan daging sapi yang sudah diiris-iris sebelumnya. Agar sedikit agak keras, masukkan daging sapi bulgogi ke kulkas sekitar ½ jam.
  4. Selanjutnya, tambahkan minyak lalu tumis daging sapi bulgogi sampai halus seperti karamel.
  5. Terakhir, hidangan daging sapi bulgogi siap untuk disajikan. Untuk menambah daya Tarik, Anda bisa menyajikannya dengan wortel. Jangan lupa untuk menyajikan nasi juga.

Ternyata, resep sapi bulgogi sangat mudah, bukan? Tak perlu ke restoran Korea, Anda bisa meniru resep ini sendiri di rumah. Selamat mencoba!